Jumat, 22 Februari 2013

Kisah Pemain Badminton Terbaik Indonesia


Vidipos. Badminton adalah salah satu jenis olahraga yang lekat dengan budaya Indonesia, olahraga inilah yang paling berprestasi dan telah membawa nama harum Indonesia diantara nama-nama cabang olahraga lainnya. Tercatat dalam kompetisi olahraga tertinggi di dunia yakni olimpiade Indonesia mendapatkan emas dari cabang olahraga ini.

Tahun 1992 saat olimpiade di barcelona Spanyol adalah titik sejarah emas bulutangkis Indonesia kala itu Indonesia berhasil merengkuh 2 emas, 2 perak dan satu perunggu. Dua emas didapat melalui Alan Budikusuma dan Susi Susanti di tunggal putra dan putri, dua perak didapat dari tunggal putra Ardy Wiranata dan ganda putra melalui Eddy Hartono/Rudy Gunawan, serta satu perunggu melalui tunggal putra Hermawan Susanto.


Itulah titik balik Indonesia yang kemudian sering menyumbangkan medali dalam setipa pagelaran olimpiade, hal tersebut membuktikan bahwa banyak terdapat talenta-talenta besar dunia badminton  yang telah mengharumkan Indonesia di mata dunia. Diantara banyak talenta besar tersebut, nama Rudi Hartono adalah yang paling menonjol dalam prestasi badminton Indonesia dan pantas di beri gelar sebagai pemain badminton indonesia terbaik.

Kiprah Rudi Hartono sebagai Pemain badminton indonesia Terbaik di mulai dari Thomas Cup tahun 1967, Rudi menjadi salah satu anggota tim yang berhasil mempersembahkan emas untuk Indonesia. Lalu setahun kemudian di usianya yang masih 18 tahun, Rudi Hartono berhasil menyabet juara All England mengalahkan pemain bulutangkis Malaysia Tan Aik Huang dengan skor 15-12, 15-9. Inilah gelar All England pertama sekaligus awal dari rekor 7x gelar All England yang berhasil di pertahankannya sampai tahun 1974. Total Rudi berhasil mengoleksi 8 juara All England dan 2 Runner Up.
Torehan gelar tersebut membuat Rudi Hartono di anugerahi Asian Heroes untuk kategori Athletes & Explorers versi Majalah Time, selain itu Rudi juga memperoleh penghargaan Guiness Book of World Records di tahun 1982 atas pencapaiannya  menjuarai All England delapan kali dan memenangkan Thomas Cup empat kali. Dengan semua prestasinya tersebut wajar kiranya jika Rudi Hartono di sebut sebagai pemain badminton indonesia terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar